click

KlIK

Yours IP

ip information

Pernioes

12:44 PM / Posted by whIE_Jayya /


12297853.jpgWintertenen atau wintervingers disebabkan oleh sirkulasi darah yang jelek di kulit. Sampai saat ini belum ada obat yang tersedia untuk mempebaiki kelainan ini. Ada produk yang tersedia untuk mengurangi rasa sakit dan gatal. Juga ada teknik pijat spesial yang bisa memperbaiki sirkulasi darah. Sebagian besar dari beberapa orang yang sangat peka untuk mendapat wintertenen tidak mempunyai masalah.

Istilah medis untuk wintertenen adalah perniones. Dalam bahasa sehari-hari banyak nama diberikan untuk wintertenen, seperti perniosis dan chilblains. Perniones dikenal sebagai wintertenen. Tetapi tepi telinga, jari tangan, tangan, ujung hidung bahkan paha bisa juga mendapat kelainan ini.

winter.jpgProses terjadinya wintertenen
Jari-jari kaki, jari-jari tangan, daun telinga dan ujung hidung berlokalisasi di akhir dari pembuluh darah (pembuluh darah kecil dan sangat kecil). Perniones adalah reaksi abnormal dari pembuluh darah sangat kecil di kulit terhadap hawa dingin. Reaksi normal terhadap kontak dengan lingkungan dingin yaitu pembuluh-pembuluh darah kecil di permukaan membiarkan lebih sedikit darah lewat supaya lebih sedikit darah yang pergi ke kulit. Kulit menjadi lebih dingin dan suhu badan tetap sama. Jika suhu kulit menjadi terlalu rendah, mekanisme perlindungan tubuh mulai bekerja, pembuluh-pembuluh darah halus menjadi terbuka dan kulit menjadi cepat panas lagi, merah dan panas, jadi panas sekali.

kaki merah.jpg Pembuluh-pembuluh darah halus bereaksi lain pada perniones. Pada pembuluh-pembuluh darah yang agak lebih besar pada bagian lebih dalam di kulit sesudah kontak dengan hawa dingin timbul reaksi lama, terus menerus vasokonstriksi (menjepit hingga tertutup) yang tidak dengan sendirinya diikuti oleh vasodilatasi (pelebaran). Pembuluh-pembuluh darah halus di permukaan kulit jadi terbuka lebar sebagai usaha untuk menampung penutupan di dalam.

Terutama kontak terbuka yang terus menerus pada temperatur rendah (sekitar titik beku) dengan gabungan udara basah dan angin adalah penting. Faktor-faktor seperti sepatu sempit, kaus kaki yang terlalu tipis, klimat basah dan kaos tangan yang terlalu ketat bisa juga menyebabkan keluhan.

Sebab
Penyebab dari reaksi abnormal di atas belum diketahui. Faktor keturunan mungkin mempunyai peranan. Juga orang yang berkeringat banyak di tangan dan/atau di kaki atau kekurangan gizi lebih sering mendapat perniones.

tangan.jpgGejala-gejala
Setiap orang pernah memperoleh keluhan tangan atau kaki yang sangat dingin pada musim dingin tapi dalam hal ini kita belum bisa berbicara soal wintertenen/handen.

Jari tangan dan kaki yang dingin kadang-kadang diikuti dengan kejang otot, ini adalah tanda dari sirkulasi darah yang jelek. Sesudahnya bisa timbul bengkak dan merah kadang-kadang sampai berwarna ungu.

Pada hawa dingin tempat yang bengkak ini sangat sakit dan dalam situasi yang lebih parah bisa timbul bintil-bintil berisi air dan kulit pecah-pecah. Tahap selanjutnya adalah radang dan jadi luka. Kulit yang bengkak jika diraba dingin walaupun penderita merasa kulit amat panas. Jika disentuh tempat yg bengkak sangat sakit dan pada peralihan dari dingin ke panas bisa gatal sekali.

Pengobatanjempol kaki.jpg
Wintertenen tidak bisa disembuhkan, jadi anda harus berusaha mencegahnya. Pencegahannya dengan menggunakan baju kering dengan isolasi yang baik pada temperatur beku. Jika anda merasa mendapat kelainan ini, anda harus tidak membiarkan jari-jari tangan dan jari-jari kaki terbuka pada perubahan temperatur.

Di apotik, drogist atau toko yang menjual produk-produk kesehatan dijual mineral dan minyak dalam bentuk zalf, pasta, cair atau bubuk. Pada petunjuk pemakaian tercantum bagaimana anda harus menggunakan produk-produk ini. Coba produk yang tersedia dan pilih yang terbaik buat anda.

Cara pijat jari-jari kaki adalah sebagai berikut. Pijat telapak kaki dengan jari jempol dari tumit ke jari kaki. Bengkokkan jari-jari kaki berulang kali. Pijat terus sampai aliran darah lancer kembali dan kaki jadi panas.

Jari-jari tangan bisa dipijat dengan cara yang sama. Mulai dari pergelangan tangan dan pijat dengan kuat belakang tangan sampai jari tangan sesudah itu pijat jari-jari tangan satu persatu.

Saran Ranesi dokterpengobatan kaki.jpg
Tentu saja saya menyarankan supaya setiap orang berpakaian tebal dan baik pada hawa dingin. Terutama jika anda dalam waktu yang lama kontak dengan temperatur di bawah nol derajat, anda harus menggunakan pakaian dengan isolasi yang baik.
Orang yang peka terhadap wintertenen harus selalu menggunakan kaos kaki dua lapis dan sarung tangan tebal.

Gunakan sepatu kulit dan sarung tangan serta kaos kaki dari wol, pokoknya jangan dari bahan sintetis karena bisa menyebabkan keringatan (basah isolasinya jelek). Untuk telinga tutup dengan penutup kepala anda dan di sekeliling hidung lindungi dengan syal anda. Sebelum anda keluar rumah lumuri jari kaki dan jari tangan anda dengan crème atau kamferspiritus. Dengan membasahi secara bergantian kulit yang kena bisa merangsang peraliran darah yang lebih baik (rasa sakit dan gatal bisa berkurang). Jika anda untuk pertama kali mengalami wintertenen, konsultasikan hal ini dengan dokter keluarga anda.

0 comments:

Post a Comment