click

KlIK

Yours IP

ip information

Anti Aging

12:33 PM / Posted by whIE_Jayya /

dr. Syuly J. Karundeng

dokter syuly J. Karundeng.jpgAnti aging sedang ramai dibicarakan sekarang. Kita semua mau bertambah umur tapi tidak mau menjadi tua. Praktisnya setiap orang ikut serta berusaha mencapai kecantikan ideal dan ingin menjalani hidup sehat. Banyak orang menghabiskan banyak waktu dan uang untuk tetap kelihatan muda. Sejak jaman dahulu, wanita terkenal sangat memperdulikan usaha anti aging dan pria juga ikut serta dalam 10 tahun terakhir. Anti aging bisa diterjemahkan sebagai usaha untuk mencegah proses penuaan atau tetap kelihatan muda dan/atau merasa muda.

Orang dari pelbagai kelas sosial di seluruh dunia mengeluarkan uang untuk produk-produk dan operasi bedah demi memperbaiki dan mempertahankan rupa dan vitalitas mereka. Di jaman modern, seperti sekarang, peremajaan dan elastisitas dianggap sangat penting dan bisa berpengaruh banyak dalam relasi atau posisi seseorang.

Pertambahan umurvital.jpg
Hidup selalu identik dengan pertambahan umur, orang pasti akan menjadi lebih lebih tua. Hal ini terjadi karena kombinasi makanan cukup, sehat dan juga hygiene serta pelayanan kesehatan yang lebih baik. Disamping itu semakin sedikit orang bekerja di lingkungan yang berbahaya atau beban fisik yang berat. Ada orang yang mencapai usia lanjut tanpa masalah tetapi ada juga yang mendapat lebih banyak masalah yang berhubungan dengan ketuaan dan penyakit.

Penuaan adalah proses sebagai akibat dari perpendekan telomeren dalam tubuh. Telomeren adalah ujung akhir dari kromosom dan melindungi organisme dari kerusakan. Pada setiap pembelahan sel dan apabila orang menjadi lebih tua, telomeren menjadi lebih pendek. Pada saat ini banyak produk-produk yang mencegah proses penuaan tapi pertanyaannya apakah semua produk ini bagus?

Masyarakattua jadi muda.jpg
Sudah terkenal dari zaman Cina dan Mesir kuno bahwa wanita dari kalangan atas menggunakan ekstrak tanaman dan kosmetika dioleskan pada kulit mereka atau dengan mandi air susu keledai untuk membuat kulit lebih supel dan lebih menarik untuk dilihat. Wanita juga memakai pakaian dan perhiasan spesial agar memperkuat penampilan yang diinginkan.

Penampilan muda biasanya bergantung pada harga yang mahal. Terutama jika harus mempergunakan produk ekslusif atau operasi bedah. Semua industri tertuju pada kecantikan ideal dan/atau mempertahankan kondisi fisik. Tak bisa disangkal jika orang dengan penampilan fit dan muda memperoleh lebih banyak sukses pada calon partner atau pemberi pekerjaan. Hal ini terjadi hampir di setiap negara.

Pemerintah dari negara industri dan perusahaan komersial sedang sibuk dengan penuaan dari penduduk. Kasarnya anti aging mempunyai kaitan pada masalah biologis, rohaniah dan sosial-masyarakat.

Iklan dan media
Sepertinya kita pada usia yang lebih muda sudah menjadi tua. Dunia iklan dan penyiaran mempunyai pengaruh utama dalam hal ini. Dimana-mana anda dapat melihat iklan dari orang muda, cantik atau gagah, yang mempromosikan produk-produk tertentu. Hampir semua model mempunyai kulit yang bagus dan licin. Banyak orang mempercayai gambar ideal tersebut dan melakukan apa saja untuk tetap muda, bahagia dan sehat.Pesan dari iklan yang biasanya menawarkan produk anti aging adalah seperti berikut:

"Jika anda membeli produk yang ditunjukkan, anda bisa bahagia dan berhasil seperti model tersebut."

Ilmu Pengetahuanilmu pengetahuan.jpg
Ilmu pengetahuan dan industri farmasi lebih menfokuskan perhatian pada produk anti aging. Semakin banyak dokter dan ilmuwan menjadi spesialis pada produk anti aging dan setiap hari di seluruh dunia banyak kongres mengenai anti aging diselenggarakan. Orang yang bertambah tua menjadi penasaran untuk produk dan jasa tersebut.
Ilmu pengetahuan tidak hanya menfokuskan pada kosmetika, implant atau bedah plastik tapi juga pada DNA, sel keturunan dan penyelidikan kognisi. Disamping penyelidikan otak sehubungan dengan fungsi ingatan, pengetahuan juga menawarkan banyak penyelidikan sehubungan dengan sel keturunan. Susunan molekul tubuh diuraikan dan gen-gen yang rusak bisa diganti dengan terapi gen. Proses penuaan bisa diperlambat dimana keadaan hidup orang tua bisa menjadi lebih menyenangkan. Jika trend ini maju terus, normal jika orang dapat hidup sampai 100 tahun atau bahkan lebih lama.

Saran Ranesi dokter
Orang tua ingin merasa muda dan bisa dimengerti apabila banyak orang berusaha kelihatan lebih muda dan lebih fit. Anda jangan terobsesi dengan masalah ini. Yang lebih penting adalah merasa nyaman dan percaya diri dalam menjalani hidup.
Untuk orang yang tidak bisa menerima keadaan mereka apa adanya, mungkin bermanfaat untuk berbicara dengan psikolog. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter keluarga anda dan bersama mencari jalan keluar yang terbaik sesuai dengan situasi anda.

0 comments:

Post a Comment