click

KlIK

Yours IP

ip information

Halitosis alias Bau Mulut

12:36 PM / Posted by whIE_Jayya /


syuly_240jpg.jpgOrang dengan napas yang berbau bisa mendapat banyak masalah dalam hubungan mereka, di tempat kerja dan dalam kehidupan sehari-hari. Orang dengan bau mulut sering tidak bisa mencium napas mereka sendiri tapi bagi lawan bicara mereka hal ini sangat menyebalkan. Selama pembicaraan berlangsung biasanya lawan bicara berusaha mengambil jarak yang jauh atau menahan napas mereka.

Orang yang sering mendapat masalah dengan bau mulut biasanya malu atas hal ini, kadang-kadang tidak percaya diri dan bisa sampai mendapat masalah psiko-sosial. Bau mulut bisa disebabkan oleh makanan, mulut kering atau penyakit/infeksi.

Pengaruh bau-bauan
Bau-bauan pada umumnya mempunyai pengaruh yang kuat terhadap manusia dan hewan. Banyak orang dan hewan terus mengingat bau-bauan tertentu sepanjang hidup mereka. Bau apa yang dianggap harum dan tidak enak tidaklah mudah disampaikan. Untuk setiap orang hal ini berbeda dan juga dipengaruhi oleh didikan dan pengalaman pribadi mereka. Bau enak dianggap sebagai sesuatu yang positif dan bau busuk diasosiasikan dengan hal-hal jelek. Kemampuan menilai bau-bauan kita adalah sesuatu yang relatif karena manusia bisa terbiasa dengan bau busuk (tidak bisa mencium lagi).

Syuli_baumulut.jpgPenyebab Halitosis
Istilah medis bau mulut adalah "fetor ex ore". Dalam bahasa Indonesia dan Inggris dikenal sebagai halitosis (= bau mulut). Dalam bahasa Belanda Halitose (halitus = bau, osis= abnormal).
- Bau mulut sebagian besar disebabkan oleh kelainan dalam rongga mulut. Bau mulut adalah akibat dari proses perubahan bahan dalam rongga mulut yang mengandung ikatan sulfur.

Dalam mulut yang sehat napas tidak berbau. Dalam di belakang lidah ada celah yang menstimulasi pertumbuhan bakteri-bakteri anaerob gram negatif yang merupakan produk hasil pemecahan protein yang mengandung sulfur. Bakteri-bakteri dalam cekungan antara gigi manusia dan radang dari gusi (gingivitis) mempunyai peranan dalam pembentukan sulfur.
- Penyebab lain dari rongga mulut yaitu: radang atau infeksi jamur di mulut, kekurangan air liur (seperti mulut kering pada waktu bangun tidur) dan konsumsi jenis-jenis makanan tertentu (seperti bawang putih, bumbu-bumbu, alkohol dan rokok).
- Kadang-kadang bau mulut disebabkan oleh penyakit dari dalam tubuh seperti:
- radang dari jalan pernapasan
- luka di lambung atau masalah lambung-usus yang lain
- penyakit ginjal atau penyakit hati
- hernia dari rusuk tengah
- penyakit gula

Syuly_baumulutknijper.jpgMembatasi bau mulut
Untuk mengurangi bau mulut sangatlah penting menjaga kebersihan mulut yang baik setiap hari. Intinya sebagai berikut:
- Sikat gigi paling kurang dua kali sehari atau lebih baik tiap habis makan.
- Bersihkan juga dengan teratur celah-celah di antara gigi dengan benang flos atau sikat kecil.
- Obat kumur antiseptik (chlorexidine) tidak bisa digunakan terus menerus karena kemungkinan ada efek sampingan. Informasikan terlebih dahulu kepada dokter gigi anda.
- Obat kumur dan produk lain yang mengandung eucalyptus, mint dan sebagainya hanya mempunyai efek kosmetik. Obat-obat ini tidak berbahaya tapi mereka juga tidak bisa menyelesaikan masalah. Untuk sementara bisa dipakai.

Pengobatan
Di Belanda jika anda terus-menerus atau secara teratur mempunyai masalah dengan bau mulut, maka anda bisa ke dokter gigi atau mondhygieniste. Sesudah diagnose dan mungkin perawatan anda bisa dirujuk ke paradontoloog, dokter keluarga, dokter THT (Telinga-Hidung-Tenggorokan) atau ke rumah sakit (untuk penyelidikan lambung-usus).
Biasanya dokter yang menangani anda sudah tahu penyebab bau mulut itu. Penyakit-penyakit yang menyebabkan bau mulut sudah dikenal dan seringkali bukan satu-satunya keluhan dari seseorang dengan bau mulut.

Syuly_baumulut_alat.jpgSaran Ranesi dokter
Seperti telah saya katakan di atas, orang dengan bau mulut biasanya tidak sadar bahwa napas mereka berbau tidak enak. Jika dalam waktu bersamaan ada beberapa orang yang menggunakan bahan beraroma sama maka tidak ada yang mengeluh tentang bau napas yang tidak enak dari orang lain. Jadi jika anda dan partner anda makan makanan yang sama (misalnya bawang putih dan/atau minum minuman yang mengandung alkohol) maka tidak ada masalah untuk sesudahnya misalnya berdansa.

Di toko-toko dan di internet banyak (dan kadang juga mahal) alat tes napas dan alat-alat lain yang dijual, tetapi biasanya alat-alat ini tidak menolong anda atau hanya sementara. Makanya lebih baik berkonsultasi dengan dokter keluarga, dokter gigi (atau mondhygieniste)jika anda mempunyai masalah bau mulut yang tidak sembuh-sembuh .

0 comments:

Post a Comment