click

KlIK

Yours IP

ip information

NTT UNGGULAN PARIWISATA

1:55 PM / Posted by whIE_Jayya /


NTT Sebagai Daerah Unggulan Baru Pariwisata
Pemerintah menetapkan provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi daerah unggulan baru pariwisata di kawasan timur Indonesia mulai 2007.
Penetapan itu bertujuan menjadikan NTT sebagai gerbang Asia-Pasifik berbasis pariwisata, seni, dan budaya yang spesifik.


"Kita mulai melakukan berbagai pembenahan menyambut hal itu antara lain akan mencanangkan gerakan cinta seni budaya pada awal Oktober 2006," kata Kepala Sub Dinas Bina Promosi Dinas Pariwisata Seni dan Budaya NTT Kanisius Passar kepada Media Indonesia, Minggu.

Menurut Kanisius, pencanangan mengenai daerah unggulan baru pariwisata akan dilakukan Departemen Pariwisata Seni dan Budaya di Jakarta. Ada sejumlah event wisata yang berhasil mengangkat NTT menjadi daerah destinasi unggulan wisata yakni berhasil menyelenggarakan lomba perahu layar internasional yang melibatkan puluhan negara Asia, Eropa dan Australia. Lomba ini mengambil start di Darwin-Australia dan diselenggarakan rutin tiap tahun.

Para peserta lomba menyinggahi Kupang, Alor, Lembata, Ngada, Labuan Bajo, dan meneruskan perjalanan ke Bali dan Batam. Selain itu, tiap tahun sedikitnya NTT disinggahi 14 kapal pesiar dari mancanegara.

"Kita juga akan membangun dermaga khusus kapal pesiar di teluk Kupang," katanya.

Dengan pembanguan dermaga tersebut, rute baru kapal-kapal pesiar dari Australia melalui Kupang-Bali-Batam dan kembali ke Australia. Di NTT, wisawatan akan mengunjunji sejumlah obyek wisata seperti Pulau Komodo, Danau Kelimutu, Riung 17 Pulau.

Mereka juga diharapkan akan berselancar di Nemberala, di ujung selatan Pulau Rote. Ombak di Nemberala telah dikenal luas di mancanegara dan tidak kalah unggul dengan ombak di pantai Kuta, Bali.

NTT memiliki beragam budaya yang memberi kontribusi besar terhadap sumber daya tarik dan atraksi bagi wisatawan. Namun, potensi yang besar itu belum dikemas secara baik sehingga tidak memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat

0 comments:

Post a Comment